Thursday, October 15, 2015

Kelebihan atau keuntungan membentuk sebuah perkumpulan keluarga

Advertisement
Perkumpulan keluarga yang biasa disebut dengan istilah Paguyuban keluarga merupakan sebuah ikatan batin sebuah keluarga besar yang memiliki visi dan misi yang sama yang mana pembentukannya tersebut diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi setiap individu yang tergabung dalam perkumpulan tersebut, Pertanyaan yang paling mendasar tentunya adalah apa sih kelebihan atau keuntungan dari pembentukan sebuah perkumpulan keluarga / Paguyuban / Koperasi keluarga / Organisasi atau jenis perkumpulan lainnya ? Yang mana masih banyak dari kita kurang mengetahui akan manfaat yang begitu besar jika sebuah perkumpulan di bentuk secara serius dan ikhlas demi keuntungan bersama.

1. Menjaga hubungan silaturahmi

Keuntungan yang pertama yaitu dapat menjaga hubungan silaturahmi antar keluarga yang tergabung dalam perkumpulan itu sendiri, Sehingga antar sesama keluarga yang sebelumnya jarang bertemu maka dengan dibentuknya sebuah perkumpulan keluarga maka semakin luas pergaulannya, Semakin erat hubungan kebatinannya, Semakin mengenal antara yang satu dengan yang lainnya dan lain sebagainya.

2. Menjaga kekompakan dan solidaritas antar keluarga / anggota

Kekompakan dan solidaritas sebuah gabungan dari beberapa anggota keluarga dapat dikatakan sebagai sebuah kesatuan, karena mereka memiliki sebuah pandangan jauh kedepan dengan memiliki visi dan misi yang sama untuk dapat mensejahterakan antar sesama anggota dan untuk orang lain di sekitar mereka.

3. mendapatkan pengajaran akan ilmu berorganisasi

Walaupun perkumpulan tersebut berupa sebuah paguyuban, namun sistem atau penerapan dalam perkumpulan tersebut tentu tidak akan jauh berbeda dengan yang dapat kita temukan dalam pengurusan sebuah organisasi besar seperti LSM, ORMAS dan lain sebagainya. karena sebuah paguyuban juga memiliki aturan aturan yang harus dipatuhi oleh anggotanya, Memiliki pengurus berupa struktur kepengurusan dan memiliki anggota. yang mana dalam memutuskan sesuatu haruslah berdasarkan hasil musyawarah untuk mencapai mufakat. 

4. Memungkinkan untuk menjadi sebuah organisasi besar dan berpengaruh

Sebuah komunitas akan mampu menjadi besar dan memiliki pengaruh yang besar pula bagi masyarakat di sekitarnya dan bahkan bagi sebuah bangsa dan negara selama pengelolaannya benar dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang undangan / adat istiadat / budaya / agama yang berlaku dalam negara dimana komunitas tersebut berada, Pengelolaan yang benar adalah sebuah tata kelola yang menguntungkan bagi setiap anggota komunitas itu sendiri serta bagi bangsa dan negaranya. Misalnya komunitas tersebut membantu pemerintah dalam menjaga keamanan, Kemajuan, Membantu mengurangi angka pengangguran, membantu menjaga kelestarian alam, Menjaga hubungan baik antar umat beragama dan lain sebagainya.

5. Mensejahterakan anggotanya

Dengan pembentukan sebuah perkumpulan keluarga, Maka tentu akan ada rencana rencana untuk mensejahterakan para anggotanya. Misalnya dengan memberikan lapangan pekerjaan baru bagi setiap anggota dan bahkan bagi orang di luar perkumpulan tersebut. Lapangan pekerjaan ini adalah hasil dari uang atau modal yang di dapatkan dari anggota itu sendiri, Setelah uang terkumpul dan telah siap untuk dijadikan sebuah modal usaha maka sudah barang tentu akan ada kesempatan untuk para anggotanya memperoleh sebuah usaha atau pekerjaan baru. Apabila usaha tersebut berkembang maka tentu hasilnya akan dapat memberikan manfaat yang besar pula bagi seluruh anggota, Karena modal diperoleh dari seluruh anggota maka hasilnyapun akan dirasakan oleh perkumpulan itu sendiri.

6. Terbentuknya sebuah ikatan yang kuat

Dengan mengalami susah dan senang secara bersama sama, maka sudah barang tentu ini akan menambah solidaritas antar sesama anggota yang mana akan terbentuk sebuah ikatan yang kuat. Saling menjaga, Saling menyayangi, menghormati, Ketika satu anggota sakit maka anggota yang lain ikut merasa sakit. Ibarat sebuah tubuh ketika ada anggota tubuh yang sakit maka anggota tubuh yang lain juga merasakan sakit tersebut, Maka seperti itu pula pembentukan koperasi / paguyuban / atau sebuah organisasi.

7. Dapat membuat anggotanya lebih bermartabat

Dikarenakan sebuah perkumpulan memiliki solidaritas yang tinggi terhadap sesama anggotanya, Tentu kehadirannya pula akan cukup diperhitungkan dan tidak dapat dipandang dengan sebelah mata atau diremehkan oleh orang orang tertentu yang hendak berniat merugikan salah satu dari anggota sebuah perkumpulan tersebut. 

Dan masih banyak manfaat dan keuntungan dari dibentuknya sebuah perkumpulan keluarga / Paguyuban / Koperasi / Atau sebuah organisasi bagi para anggotanya, Namun perkumpulan yang dimaksud dalam artikel ini tentu sebuah perkumpulan yang tidak bertentangan dengan Undang Undang yang berlaku di negara bersangkutan dan sesuai dengan norma yang ada. Semoga tulisan ini mampu memberikan pengetahuan sekaligus dorongan bagi para pembacanya untuk selalu menjaga hubungan baik antar sesama anggota keluarga maupun hubungan baik di tengah tengah masyarakat tempat dimana anda tinggal.

No comments:

Post a Comment