Friday, October 23, 2015

Bagaimana cara menyikapi MEA - Masyarakat Ekonomi Asean

Advertisement
Pada akhir tahun 2015 direncanakan Indonesia telah menjadi bagian dari Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ), Yang mana tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan di Indonesia. Akan banyak perubahan yang tentu akan terjadi, Baik dari segi ekonomi, pola pikir hingga perubahan sikap dan prilaku yang mungkin akan menghasilkan nilai positive dan negative nya. Namun semua harus disikapi dengan lebih arif dan bijaksana, Sehingga tidak mengurangi falsafah dan nilai nilai pancasila. Indonesia merupakan sebuah negara dengan beragam budaya dan bahasa yang terdiri dari begitu banyak pulau pulau dengan adat istiadat dan kepercayaan yang berbeda beda namun selalu menjaga kerukunan dalam perbedaan itu sendiri. 

Dampak positive / positif hadirnya MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ) :

Dampak positive yang mungkin dilahirkan dengan kedatangan MEA bisa saja dalam sektor ekonomi dan kemajuan bagi bangsa Indonesia, Bisa saja kita menjadi sebuah negara maju dan berkembang. Namun tentu semuanya belum pasti dan nyata sebelum kita mengalami dan menjalaninya secara langsung, Banyak ketidak siapan dari penduduk negara ini dalam rangka bersaing dengan negara negara yang tergabung dalam ASEAN. Karena sebagian negara Asean merupakan negara yang dapat dikatakan maju dan berkembang seperti Singapore dan lainnya, Walaupun dengan negara yang sangat kecil namun mampu bersaing dengan negara besar seperti Indonesia. 

Dampak negatif / Negative hadirnya MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ) :

Tingkat SDM yang sangat minim, Tingkat kemiskinan dan pengangguran yang semakin banyak  dikhawatirkan justru akan membuat masyarakat semakin menderita dan hanya dijadikan budak di dalam negeri sendiri. Para pelaku usaha mungkin akan dapat mengembangkan usahanya, Namun masyarakat dengan SDM yang rendah tentu justru hanya akan dijadikan alat bagi kemajuan di segala bidang usaha dan industri. Belum lagi rusaknya ekosistem alam dan polusi yang justru akan membuat banyak bencana dimana mana akibat dari kemajuan dalam sektor industri, elektonik dan lain sebagainya.

Beberapa hal tersebut jelas akan merubah pola pikir manusia menjadi lebih beringas, Karena harus mampu bersaing agar tetap bertahan hidup. Kelakukan manusia tidak akan wajar lagi, Kita akan lupa dengan koderat kita sebagai manusia karena kemajuan itu sendiri. Manusia akan berlomba lomba menciptakan sesuatu yang mungkin bermanfaat bagi manusia namun tidak bagi alam, Manusia akan berlomba lomba menciptakan sesuatu yang baik bagi bangsanya namun terkadang tidak baik bagi Dunia.

Bagaimana IKTJ menyikapi MEA ?

Setelah melihat dampak positif dan negatif yang mungkin ditimbulkan, Maka kami tidak akan menyalahkan siapa siapa. Karena hidup haruslah terus berjalan sesuai dengan jamannya, Segala sesuatu diciptakan sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan mereka masing masing sehingga keseimbangan terus terjadi hingga akhir dunia ( Kiamat ). Untuk itu segenap anggota IKJT diharapkan mampu bersaing dalam menghadapi MEA dengan cara menjaga kekompakan dan solidaritas dengan selalu memanfaatkan segala potensi yang ada bagi kebaikan dan manfaat yang baik bagi seluruh anggota IKTJ, Masyarakat, Pemerintah serta bangsa dan negara kita tercinta.

Itulah sikap IKTJ dalam menyikapi datangnya MEA, Diharapkan dapat memberikan manfaat bagi setiap pengunjung yang kebetulan membaca artikel ini yang berjudul : Bagaimana cara menyikapi hadirnya MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ). " Wasallam "

No comments:

Post a Comment