Tuesday, October 13, 2015

5 tips mengembangkan sebuah koperasi usaha bersama

Advertisement
Usaha bersama dalam sebuah koperasi memang gampang gampang susah, Maksudnya semua terlihat mudah namun pada kenyataannya ternyata sangat sulit dilakukan oleh sekelompok orang yang berserikat dalam mewujudkan hal tersebut. Ada banyak kendala yang terjadi di lapangan, Karena sebuah koperasi terdiri dari begitu banyak kepala dengan pemikiran dan pendapat yang berbeda. Disinilah dibutuhkan kerjasama dalam setiap orang yang tergabung dalam sebuah kelompok, Satu kata, Satu hati, serta satu dalam visi dan misi untuk membangun sebuah kesuksesan bagi kesejahteraan bersama. Terutama bagi kelompok yang ingin usaha bersama yang mereka akan kembangkan tersebut menjadi maju dan berkembang kedepannya, Yang mana segala hasil yang akan mereka akan dapatkan tentu akan mereka nikmati sesama anggota dan bahkan untuk orang lain diluar kelompok mereka.

Itulah yang dicita citakan oleh paguyuban keluarga IKTJ ( Ikatan Keluarga Trasna Jati ) saat ini, Kami berharap kedepannya akan dapat mensejahterakan seluruh anggota yang tergabung didalam paguyuban ini. Diharapkan nantinya akan dapat dinikmati oleh seluruh anggota dan bahkan masyarakat yang ada di sekitar kami. Mari kita kembali ke pokok persoalan yang biasa dihadapi oleh sebuah paguyuban serupa dengan IKTJ yang mana kendala yang sering terjadi adalah kegagalan dalam mengembangkan sebuah koperasi usaha bersama, Untuk itu kita akan kupas semuanya dalam artikel ini yang semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya. Sesuai judul artikel ini maka pertanyaan yang sering ditanyakan oleh sebuah paguyuban yang baru saja di bentuk adalah, bagaimana cara mengembangkan sebuah koperasi usaha bersama ? Nah berikut beberapa hal yang harus diketahui, Demi suksesnya sebuah koperasi atau organisasi

1. Konsisten dalam paguyuban / perkumpulan / organisasi yang dibentuk :

Dengan selalu menjaga sifat dan tindakan konsistensi bagi perkumpulan yang dibentuk, Maka secara tidak langsung tentu akan berdampak baik bagi setiap usaha yang mereka harapkan dikemudian hari akan menjadi sebuah usaha yang sukses dan berkembang demi kesejahteraan bersama. Konsisten disini berarti sangat luas, Bisa saja diartikan seperti selalu menjaga komitmen yang telah disepakati bersama saat dimulainya pembentukan perkumpulan atau paguyuban yang telah dibentuk. 

2. Menjaga kekompakan seluruh anggota paguyuban / perkumpulan / organisasi :

Dengan selalu menjaga kekompakan, Maka secara otomatis koperasi yang hendak dibentuk akan memberikan hasil yang maksimal. Kompak dalam setiap keputusan yang telah dimusyawarahkan bersama, Misalnya masalah kehadiran yang telah disepakati. Setelah terjadi kesepakatan terkait masalah kehadiran tentu seluruh anggota harus selalu menghadiri setiap pertemuan yang telah diagendakan oleh seluruh pengurus dan anggota, Atau kompak dalam setiap iuran yang telah ditentukan dan masih banyak lagi jenis kekompakan lainnya yang harus dilakukan oleh seluruh anggota.

3. Menjaga sikap saling percaya sesama anggota dan pengurus :

Tanpa adanya rasa saling percaya antara pengurus dengan anggota, Sesama pengurus maupun sesama anggota maka jangan pernah berharap sebuah usaha bersama akan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Rasa saling percaya harus selalu ada dalam sebuah perkumpulan, Hilangkan sifat egois, Benci, Saling mencurigai, saling menjatuhkan dan lain sebagainya demi tumbuh kembangnya perkumpulan yang kita bina bersama, Yang jelas hasilnya akan dapat dinikmati bukan saja oleh kelompok itu sendiri " malah mungkin akan dapat bermanfaat bagi orang orang di luar perkumpulan mereka apabila telah berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar.

4. Memiliki jiwa solidaritas dan semangat yang tinggi antar sesama anggota

Solidaritas dan semangat yang tinggi dalam menjaga perkumpulan sangat dibutuhkan oleh sebuah paguyuban seperti IKTJ maupun perkumpulan lainnya, karena dengan selalu memiliki jiwa solidaritas dan semangat dalam membangun perkumpulan menjadi sebuah perkumpulan yang besar tentu akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan perkumpulan itu sendiri

5. Patuh terhadap keputusan hasil musyawarah

Musyawarah dalam pencapaian setiap keputusan adalah langkah yang harus selalu ditempuh agar tidak timbul sebuah gejolak, fitnah maupun prasangka yang mungkin timbul dalam perkumpulan. Suara terbanyak adalah pilihan tepat dalam setiap hasil musyawarah tanpa memandang rendah sebuah pendapat lain yang tidak dijadikan hasil keputusan yang akan ditetapkan. Segalanya harus diambil dengan cara jalan tengah tanpa ada sebagian anggota yang akan dirugikan, Sehingga dibutuhkan aturan dalam perkumpulan itu sendiri. Yang mana setiap anggota harus tunduk pada setiap peraturan yang telah ditetapkan dari hasil musyawarah bersama.

Sebenarnya masih banyak yang harus diperhatikan dalam mengembangkan sebuah koperasi usaha bersama dalam sebuah perkumpulan, namun ini hanya beberapa point penting saja yang mungkin dapat dijadikan acuan bagi pembaca jika tertarik dalam membangun sebuah komunitas / Perkumpulan / paguyuban / organisasi. Semoga apa yang kami sajikan kali ini dapat bermanfaat bagi seluruh anggota IKTJ maupun individu yang mungkin tertarik dalam membentuk sebuah komunitas yang tidak melanggar Undang Undang maupun norma yang berlaku di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta, Diharapkan artikel yang kami beri judul : 5 tips mengembangkan sebuah koperasi usaha bersama kali ini dapat bermanfaat bagi setiap pembacanya " Wasallam "

No comments:

Post a Comment